Minggu, 09 Agustus 2009

Enam Syarat Menuntut Ilmu

Dalam sebuah kitab ta'limul muta'alim diterangkan bagimana tata cara kita bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat. Disebutkan juga syaratnya agar sesorang berhasil dalam belajarnya. Di dalam kitab itu tersebut sebuah singiran (syair) yang jika dinyanyikan dalam bahasa jawa adaah ssebagai berikut:

  • Ilingo ndak kasil ngelmu anging nem perkoro
  • Bakal tak critaake kumpule kanthi pertelo
  • Rupane limpat loba sobar ono sangune
  • Lan pituduhe guru lan sing suwe mangsane

Syair tersebut kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maksudnya adalah syarnya orang mencari ilmu itu ada 6, yaitu
  1. Limpat : makna sebenarnya adalah cerdas, tap[i kecerdasan tiap orang berbeda. Jadi mungkin lebih tepatnya jika diartikan kemauan yang keras untuk belajar.
  2. Loba : lapang dada, harus mau menerima masukan dari siapapun demi membangun pribadi yang lebih baik, demi menambah pengetahuan yang ada pada diri kita.
  3. Sobar: dalam menuntut ilmu harus memiliki kesabaran.
  4. Ono sangune: ada biaya, tentu seorang yang ingin belajar membutuhkan biaya yang mungkin saja bisa sangat mahal.tapi biaya memang tidak mungkin tidak harus dipenuhi. semisal untuk transport perjalanan ke majlis ilmu, atau biaya untuk membeli fasilitas yang dibutuhkan dalam belajar.
  5. Pituduhe guru : dengan penjelasan daru guru kita bisa belajar dengan tidak tersesat. tanpa bimbingan seseorang pelajar bisa menafsirkan sesuatu yang benar menjadi salah.
  6. Suwe mangsane : lama waktunya. Hal ini berkaitan dengan sobar, yaitu waktu yang ditempuh bisa saja lama untuk mempelajari sebuah ilmu

Demikian 6 syarat seorang yang ingin belajar dan sukses dalam belajarnya. Semoga tulisan ini bisa membantu teman teman untuk tetap semangat belajar, terutama diri saya sendiri yang sering kali tidak menghiraukan hal-hal tersebut di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog lain