Minggu, 02 Agustus 2009

Teliti Uang yang Anda Terima

Hal ini lah yang sering kita lupa, mengecek keaslian uang yang kita terima. Sebenarnya hal ini sangat mudah dilakukan, tapi terkadang orang sering terlupa entah karena sebegitu senangnya menerima uang, atau memang karena kebiasaan, atau mungkin tidak tahu caranya,biasanya ini terjadi pada orang yang kurang pandai baca tulis atau orang yang usia tua.

Di beberapa media, pemerintah sering kali menyerukan slogan 3D untuk melakukan pengecekan uang, dilihat diraba ditrawang. yaitu DILIHAT jika dilihat terlihat gambar pahlawan di sisi polos selmbar uang, DITRAWANG jika ditrawang akan terlihat anyaman benang, DIRABA jika diraba selembar uang kertas akan terasa kasar. Slogan 3D adalah cara termudah untuk melkaukan pengecekan uang.

Cara lain untuk melakukan pengecekan uang adalah dengan melihatnya di bawah lampu ultraviolet. Dengan menggunakan lampu ultraviolet akan tampak gambar bersinar. Gambar tersebut berbeda di setiap nominal uang. Diantaranya peta Indonesia di nominal 100.000. Gambar orang menari di nominal 50.000. Rumah adat di nominal 10.000. Dan serial numbernya berubah warna dan menyala di setiap nominal uang. Uang palsu akan tampak menyilaukan jika dilihat dengan lampu ultraviolet.

Bagaimanapun cara yang ingin kita gunakan, yang penting adalah lakukan pengecekan setiap anda menerima uang kertas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog lain