Senin, 17 Agustus 2009

Komponen Dasar Komputer

Komponen dasar yang menyusun komputer ada 2 komponen yaitu:
1. Hardware
Yaitu perangkat keras yang menyusun sebuah komputer, yaitu:
  • CPU (Central Prosessing Unit) atau lebih akrab kita sebut dengan prosessor berfungsi sebagai pemroses atau otak yang mengerjakan operasi operasi yang dilakukan oleh komputer secara keseluruhan, seperti operasi aritmatika dan operasi logika. Prosessor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ALU (Aritmatic Logic Unit) dan unit kontrol. Kecepatan kerja proseesor ditentukan oleh kecepatan clock pada CU-nya(Control Unit). Seperti prosessor misalnya memiliki clock 500 MHz berarti kemampuan kerja prosessor tersebut untuk memproses satu intuksi adalah 1/(500 x 1000.000 Hz) = 0.2 x 1/100.000.000 second.
  • Memory adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan perintah yang dikerjakan komputer atau menyimpan hasil kerja dari komputer. ada dua macam memory yang digunakan dalam komputer, yaitu memori primer dan memori skunder. Primary memory atau memory utama berfungsi sebagai media penyimpanan data yang sedang diproses atau program yang sedang digunakan oleh komputer, dan memory ini bersifat Volatile artinya jika komputer mati maka data yang ada dalam memory utama akan hilang atau bisa dikatakan data yang disimpan bersifat sementara. Sedangkan Secondary memory berfungsi sebagai penyimpan data atau program komputer secara permanen. Jadi walaupun komputer mati program yang disimpan di memory sekunder tidak akan hilang.
  • Input/output devices. Input devices atau perangkat masukan berfungsi sebagai pemberi masukan yang bisa berupa perintah atau pun data. Contohnya keyboard,mouse, touchpad, touchscreen, mic, camera, scanner, dsb. Output devices berfungsi untuk menampilkan atau memberikan hasil keluaran dari komputer, seperti layar monitor, sound/speaker, plotter, printer,dsb.
2. Software
Software atau pernagkat lunak adalah program komputer yang ditulis dengan bahasa khusus yang bisa dimengerti oleh komputer, dibuat untuk menjalankan tugas yang diberikan. yang termasuk Software adalah:
  • Sistem Operasi adalah software yang berfungsi mengendalikan perangkat-perangkat yang ada atau terhubung pada komputer. Tanpa sitem operasi komputer hanyalah sebuah perangkat yang tidak dapat digunakan. Contoh OS(Operating System): Linux, Windows, Mac OS, Unix, DOS, Solaris.
  • Program Utility berfungsi untuk mengerjakan tugas yang tidak bisa dilakukan oleh OS, seperti memformat disk. Contoh dari utility adalah Scanndisk, Norton Utility.
  • Program Aplikasi adalah software yang didesain untuk menyeleaikan suatu tugas atau permasalahan tertentu. Seperti aplikasi pembuat gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Blog lain